Selasa, 30 April 2013

Pengenalan Bentonite





Bentonite terbagi menjadi dua, yakni Sodium (Na) Natrium bentonite dan Calsium (Ca) Calsium bentonite                                                 
Bentonite : dikenal di Indonesia dengan nama cadas(batuan lempung), yang terdapat di permukaan bumi dan  di bawah tanah (di bawah tanah antara 0.5 M s/d 2.5 M) dan biasanya di daerah perbukitan dan pegunungan.  Mulai terjadinya endapan bentonite karena
1.         Pelapukan :   Pembentukan endapan bentonite hasil pelapukan  kondisi komposisi mineral batuan.,komposisi kimia dari air, dan daya air pada batuan asal. Dan terproses karena iklim,berbagai relief dan tumbuh-tumbuhan yang berada diatas batuan. Dan pembentukannya bentonite hasil dari pelapukan akibat reaksi kimia ion-ion Hidrogen (H+) dalam air tanah dengan senyawa silikat. Ion H+ berasal dari asam karbon akibat pembusukkan zat zat organik dalam tanah
Mineral yang paling utama terbentuknya lempung adalah plagioklas,kalium,biotit,muskovit dan sedikit kandungan senyawa Aluminium dan Ferro-Magnesia . Plagioklas sangat reaktif, berjumlah banyak dan sumber utama dari kation dan silika dalam air tanah.                                                                       
2.       Larutan Hydrotermal :   larutan hydrotermal merupakan larutan yang bersifat asam dengan kandungan klorida,belerang,karbondioksida, dan silika. Komposisi larutan berubah karena ada reaksi dengan batuan gamping menjadi larutan alkali yang bersifat basa, lalu terbawa keluar dan akan tetap bertahan selama unsur alkali dan alkali tanah tetap terbentuk akibat penguraian batuan asal. Dengan adanya unsur alkali dan alkali tanah akan membentuk Monmorillonit. (Monmorillonit terjadi karena adanya unsur Magnesium)
3.       Endapan Transformasi : Endapan bentonite hasil transformasi/devitrifikasi debu gunung api terjadi dengan sempurna, apabila debu diendapkan di dalam cekungan seperti danau atau laut, mineral gunung api lambat laun akan akan mengalami devitrifikasi.
4.       Mineralogi :   Bentonite adalah istilah lempung Monmorillonit dalam dunia perdagangan                                           



 Bentonite juga di produksi untuk Bleaching earth ( penjernih minyak goreng) CPO=Crude Palm Oil, CNO=Crude Nut Oil, SBO=Soyabean Oil. di proses cara Natural dan Aktif dengan penambahan H2SO4 (asam sulfat) Bentonite untuk bleaching earth bisa kita dapatkan : (Jabar)=Cirebon,Sumedang, Sukabumi,Cianjur,Bogor,Tangerang.( Banten)=Bojong manik,Gn Kencana,Malimping. (Jateng)= Cilacap,Purworejo,Boyolali (DIY)= Kulon Progo, ( Jatim)= Pacitan,trenggalek,Ponorogo,Tulung Agung,Blitar,Malang,Gresik,Tuban                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Bentonite untuk Bentonite Drilling ( pengeboran minyak )di Indonesia baru ditemukan saja di daerah : Pacitan/Pringkuku,trenggalek,Blitar,Malang/Donomulyo,Bogor (Jasinga,Sajra/Mekarsari,Cirebon/Madukulupa. Tapi bentonite Drilling (Natrium Bentonite) yg kita punya masih kalah bagus dari India (Punadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar